Buku Prakarya Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
buku paket prakarya kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 semester 2 halaman 31
1. buku paket prakarya kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 semester 2 halaman 31
halamannya31semester2adadigambar
semogabermanfaaat
2. gambar apakah yg ada di buku prakarya kurikulum 2013 revisi 2017 semester 1 halaman 6
aneka produk bahan lunak
3. PRAKARYA KELAS 8, info buku: prakarya kelas 8 semester 1, edisi revisi 2017
Jawaban:
1. Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan).
2. Alat:
- Meja putar
- Kawat
- Kuas
- Pisau pahat
-Kayu giling
- Pembakar
Bahan:
-Tanah
- Abu
-Kayu bakar
3. -Proses pemilihan dan pengambilan tanah liat.
-Proses pengolahan tanah liat.
-Proses pembentukan tanah liat.
-Proses penjemuran gerabah.
-Proses pembakaran gerabah.
-Proses finishing atau penyempurnaan.
4. -Menyiapkan alat dan bahan membuat patung dari sabun.
-Membuat/menyiapkan sketsa patung.
-Merapikan permukaan sabun.
-Membuat pola ukiran patung pada sabun.
-Menajamkan pola ukiran.
-Merapikan hasil ukiran patung pada sabun.
-Mengemas patung.
5. Untuk menghindari dari benturan keras serta guncangan tertentu, dan pencegahan kerusakan produk karena cuaca ekstrem.
Semoga bermanfaat ya dan maaf kalo salah
4. contoh soal mid semester Kelas 5 SD kurikulum 2013 revisi tahun 2017
ulangan semester 1 ya.
5. kegiatan 7.6 halaman 190 kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
Struktur Teks persuasi " Internet dan HAKI"
a. Pengenalan Isu :
Teman-teman sekalian, jujur saja, kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi. Padahal, itu penting sekali buat kita ketahui supaya tidak terjerumus ke jalan yang salah. Nah, lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan.
Kalau di bidang hukum, HAKI adalah singkatan dari hak atas kekayaan intelektual. Ini ada kaitannya dengan perlindungan dan penggunaan hak cipta. Akan tetapi, HAKI yang akan kami bahas sekarang merupakan singkatan dari hak-hak reproduksi. Wah, bosan ya, bolak-balik mengupas masalah yang satu ini? Sekadar mengingatkan saja, sebagai remaja kita punya sepuluh hak reproduksi yang sepantasnya kita pertahankan.
b. Rangkaian Argumen :
Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja. Supaya kita bisa tahu dan bisa menentukan pilihan atas diri dan kesehatan reproduksi kita. Nah, yang paling penting nih, kita bisa bertanggung jawab atas pilihan tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari.
Sudah menjadi rahasia umum, kalau ada sepasang kekasih yang terjerumus melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Peristiwa itu terjadi karena mereka tidak tahu cara mengontrol diri dan mengabaikan ajaran agama. Mereka juga tidak tahu cara menghindari diri dari perbuatan itu. Akibatnya, mereka menyesal, lalu terpikir untuk aborsi. Seram, kan? Itu hanya salah satu contoh akibat ketidakpedulian kita atas hak kita untuk mendapatkan informasi yang benar tentang diri, seksualitas, permasalahan reproduksi remaja lain, dan tentu saja karena lemahnya iman pada diri mereka.
Bersyukurlah sekali kalau orang tua kita berbaik hati mau berbagi dan terbuka sama kita tentang apa saja yang kita tanyakan sama mereka. Masalahnya, buat orang tua juga ternyata tidak segampang itu membicarakan soal seks, reproduksi remaja, dan berbagai isu lain.
c. Ajak - ajakan :
Nah, untungnya kita sudah akrab dengan teknologi internet. Media ini memungkinkan kita untuk mencari informasi semua kebutuhan kita. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang seksualitas dan reproduksi bagi remaja. Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tapi bisa juga sebagai devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi.
d. Penegasan Kembali
Selamat berakrab-akraban dengan internet. Jadikanlah wahana yang satu ini sebagai penambah wawasan. Internet dapat dijadikan teman setia dalam menjalani hidup ini. Kita tidak tertipu apalagi terjerumus pada hal-hal yang merugikan diri sendiri dan juga dilarang oleh agama.
( Sumber teks : Roellya Ardyaning Tyas dan Chatarina Wahyurini dalam Kompas )
6. jawaban buku paket kelas 8 halaman 166 kurikulum 2013 revisi 2017
Jawaban:
Kadang-kadang kamu perlu menjauhkan diri untuk melihat sesuatu dengan jelas
Penjelasan:
Keberhasilan bukan hasil daripada poya-poya, tapi keberhasilan hasil dari pada kerja keras kita.
7. Kegiatan 7.6 hal 190 B.indo Kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
Teks persuasi adalah teks yang berisi bujukan atau ajakan yang mendorong seseorang untuk mengikuti harapan atau keinginan-keinginan penulis. Untuk menulis teks persuasi, yang harus diperhatikan adalah pengenalan isi, rangkaian argumen yang berisi pendapat atau fakta, dan pernyataan ajakan.
Pembahasana. Bujukan, ajakan
Hasil pengamatan :
- Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya.
- Begitu juga bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran: masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Mahakuasa.
- Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa, sudah sewajarnya jika pada masa-masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam sumpah pemuda.
- Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.
- Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebajikan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing.
- Demikianlah, semoga semangat persatuan yang tecermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan moda perjuangan membela bangsa dan negara.
b. Pendapat
Hasil pengamatan:
Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan, termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah.
c. Fakta
Hasil pengamatan :
- Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda".
- Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama.
- Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
d. Kata teknis
Hasil pengamatan:
- Ikrar
- senjata
- modal
- predikat
e. Konjungsi kausalitas
Hasil pengamatan:
- Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa. (konjungsi kausalitas : karena itulah)
f. Kata kerja mental
Hasil pengamatan:
- Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda". (kata kerja mental : mewujudkan, melahirkan)
- Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. (kata kerja mental : menyambut, mengambil)
- Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. (Kata kerja mental : menghadapi, menghadapinya)
- Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.(kata kerja mental : mengucapkan, mengusir, memorak-porandakan)
g. Kata Perunjukan
Hasil pengamatan:
Tidak ada kata perunjukan pada teks tersebut, seperti :seperti berdasarkan data..., merujuk pada pendapat.....
Simpulan:
Teks pidato "Perlunya Memperingati Hari Sumpah Pemuda termasuk dalam teks persuasi karena mengandung penyataan-pernyataan yang mengandung ajakan, dorongan, atau bujukan. Kaidah kebahasaan yang digunakan pun menunjukkan bahwa teks tersebut adalah teks persuasi. Tetapi teks di atas kurang mencantumkan kata-kata perunjukan yang digunakan untuk lebih meyakinkan dan memperkuat bujukan yang digunakan penulis sebelum ataupun sesudahnya.
Pelajari lebih lanjutContoh teks persuasif tentang COVID-19 pada https://brainly.co.id/tugas/27713958
Kegiatan 7.8 bahasa Indonesia kelas 8 pada https://brainly.co.id/tugas/14756748
Hal yang membedakan teks persuasi dengan teks lainnya pada https://brainly.co.id/tugas/13804171
--------------------------
Detail JawabanKelas: VIII
Mapel: Bahasa Indonesia
Bab: Berbahasa Persuasif (bab 7)
Kode: 8.1.7
#AyoBelajar
8. rangkuman prakarya kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2016
Rangkuman:
1. Penggolongan bahan serat alam berasal dari tumbuhan dan hewan.
2. Bahan serat tumbuhan dapat diperoleh dari bagian biji, batang,daun, dan buah.
3. Karakteristik bahan serat alam meliputi kehalusan, kekuatan, daya serap, dan kemuluran atau elastisitas. Setiap bahan serat alam memiliki sifat yang berbeda.
semoga benar ya.
yang rangkumanya kak?
9. mohon jawaban..........buku bahasa indonesia kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017 halaman 93......besok dikumpul
pada hari ibu kartini yang berepat pada tanggal "4 april 2016" disekolahku mengadakan pentas untuk memperingati hari ibu kita kartini.
di alur sambutan seluruh siswa dan siswi wajib menyanyikan lagu "ibu kita kartini". selesai usai kami semua memakai baju pakaian adat untuk menjadi model dari pakaian tersebut.
di sisi lain di sekolahku pun ada esktrakurikuler maching band, dan maching band mengelilingi pentas tersebut.
Selesai.
10. Kunci jawaban buku paket ipa kelas 8 halaman 102 sampai 103 semester 1 kurikulum revisi 2017
1. Tuas Jenis Pertama , contoh : Jungkat-Jungkit dan Tang
2. Usaha = 240 Joule , Daya = 24 Watt
3. Tuas A dan Tuas B membutuhkan energi yang sama besar
4. Besar beban adalah 32 Newton
5. Keuntungan Mekanis adalah 5
PEMBAHASANBidang miring adalah salah satu pesawat sederhana yang mempermudah usaha , dengan rumusnya sebagai berikut :
KM = s / hKM = w / Fdimana:
KM = keuntungan mekanis
s = panjang bidang miring ( m )
h = tinggi bidang miring ( m )
w = berat beban ( N )
F = gaya dorong ( N )
Tuas adalah salah satu pesawat sederhana yang berupa sebuah batang lurus yang di tumpu pada salah satu titik. Rumus yang bisa di pakai dalam hal ini adalah :
KM = Lk / LbKM = w / Fdimana:
KM = keuntungan mekanis
Lk = lengan kuasa ( m )
Lb = lengan beban ( m )
w = berat beban ( N )
F = gaya dorong ( N )
Mari kita sekarang kita coba menyelesaikan soalnya.
Soal No.1:Pada gambar dilampiran terlihat Tuas Jenis Pertama karena titik tumpu terletak diantara Kuasa dan Beban.
Contoh Tuas Jenis Pertama adalah Jungkat-Jungkit , Tang , Linggis , Pemotong Kuku , Gunting.
Soal No.2:Diketahui:
m = 6 kg
F = 120 N
s = 2 m
t = 10 detik
Ditanyakan:
W = ?
P = ?
Penyelesaian:
[tex]W = F \times s[/tex]
[tex]W = 120 \times 2[/tex]
[tex]W = \boxed{240 ~ Joule}[/tex]
[tex]P = W \div t[/tex]
[tex]P = 240 \div 10[/tex]
[tex]P = \boxed{24 ~ Watt}[/tex]
Soal No.3:Pada gambar terlihat dua tuas yang berbeda panjang lengan beban dan lengan kuasanya.
Tuas A memiliki lengan kuasa lebih pendek dari lengan kuasa Tuas B , akibatnya Tuas A memerlukan gaya yang lebih besar untuk mengangkat beban dibandingkan Tuas B.
Berhubung pesawat sederhana hanya mempermudah usaha , maka baik Tuas A dan Tuas B membutuhkan energi yang sama besar untuk mengangkat beban pada ketinggian yang sama.
Soal No.4:Diketahui:
F = 8 N
KM = jumlah tali = 4
Ditanyakan:
w = ?
Penyelesaian:
[tex]KM = w \div F[/tex]
[tex]4 = w \div 8[/tex]
[tex]w = 4 \times 8[/tex]
[tex]w = \boxed {32 ~ Newton}[/tex]
Soal No.5:Diketahui:
s = 15 m
h = 3 m
Ditanyakan:
KM = ?
Penyelesaian:
[tex]KM = s \div h[/tex]
[tex]KM = 15 \div 3[/tex]
[tex]KM = \boxed{5}[/tex]
Pelajari lebih lanjut :Keuntungan Mekanis : https://brainly.co.id/tugas/3467348
Tuas : https://brainly.co.id/tugas/17479196
---------------------------
Detil Jawaban :Kelas: 8
Mapel: Fisika
Bab: Pesawat Sederhana
Kode: 8.6.2
Kata Kunci: Tuas, Bidang Miring, Katrol, Keuntungan Mekanis
11. Jawaban buku matematika kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017 halaman 158 ayo kita berlatih 2.8
maaf cuma segitu
maaf jga klo salah
semoga membantu
12. Kegiatan 7.5 hal 187 B.indo Kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
Bacalah teks di bawah ini dengan baik!
Secara berdiskusi, petakanlah struktur teks tersebut dengan jelas dan tepat!
Teks yang dibahas adalah teks Internet dan HAKI.
PembahasanStruktur Teks Persuasi:
1. Pengenalan isu
Paragraf: 1 dan 2
Alasan: berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu, yaitu mengenai hak-hak reproduksi.
2. Rangkaian argumen
Paragraf: 3 hingga 5
Alasan: pada paragraf 3 hingga 5 dikemukakan fakta-fakta yang memperkuat argumen-argumen, yaitu
paragraf 3: mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja agar bertanggung jawab atas pilihannya.
paragraf 4: ketidakpedulian atas hak untuk mendapatkan informasi yang benar tentang diri, seksualitas, permasalahan reproduksi remaja lain, dan keimanan.
paragraf 5: orang tua tidak mudah untuk membicarakan soal seks, reproduksi remaja, dan berbagai isu lain.
3. Ajakan-ajakan
Paragraf: 6
Alasan: terdapat ajakan terdapat pembaca untuk melakukan sesuatu, yaitu ajakan untuk berhati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan dikunjungi.
4. Penegasan kembali
Paragraf: 7
Alasan: berisi simpulan, yaitu menjadikan internet sebagai wahana penambah wawasan.
--------------------------
Detil jawabanKelas: VIII
Mapel: Bahasa Indonesia
Bab : Berbahasa Persuasif (Bab 7)
Kode: 8.1.7
Kata kunci: tabel 7.5 kelas 8, petakan struktur teks internet dan HAKI
13. Apa jawaban dari soal nomor 9 Ayo kita berlatih 6,1 buku matematika kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 revisi 2017
Jawaban:
tidak semua orang memiliki buku itu sebaiknya di foto ya makasih
14. Jawaban bahasa jawa halamanjawaban bahasa jawa halaman 7 kurikulum 2013 buku paket semester 1 jawaban buku paket halaman 7 sampai dengan halaman 10 buku paket kurikulum 2013 revisi 2017 semester 1 kelas 8 brainly
Jawaban:
1 Berapa AP data berikut :
10,345
0,014
9,0200
902000
62,000
2. Hasil pengukuran dari tinggi untuk siswa di kelas V adalah sebagai berikut: 154 cm, 159 cm, 163 cm, 165 cm dan 160 cm. Ketinggian rata-rata lima siswa adalah … (berdasarkan angka-angka penting)
3. Tentukan hasil operasi bilangan berikut dan tuliskan dalam bentuk notasi ilmiah
4. 2,500000 x 0,000004 =
5. 2500000 : 0,05 =
6. 3,0000 x 25000 =
7. 4. Sebuah persegi panjang dengan lebar 25 cm dan panjang 35,5 m. Tentukan luas dan keliling persegi sesuai aturan angka penting
15. Jawaban buku bahasa indonesia semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017 halaman 66
Jawaban:
foto dulu baru bisa dijawab
Posting Komentar untuk "Buku Prakarya Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017"