Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Ajar Kelas 5 Tema 1


Bahan Ajar Kelas 5 Tema 1

Pak tono melaksanakan pembelajaran di kelas 5 dengan tema "peristiwa kehidupan " sub tema "peristiwa kebangsaan masa penjajah" mencakup mata pelajaran bahasa indonesia, ipa, dan ips. Langkah - langkah pembelajaran yang dilakukan pa tono sebagai berikut : (1) mengembangkan bahan ajar dan media berlandaskan pada sub tema "peristiwa kebangsaan masa penjajah". (2) menyampaikan konsep-konsep yang ada pada sub tema tersebut berdasarkan pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran tersebut. (3) agar tujuan pembelajaran tercapai pa tono berupaya menjelaskan materi dari konsep-konsep yang dimuat pada sub tema dengan rinci, (4) cara menjelaskan materi tersebut dikaitkan dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak, (5) pa tono memberi instruksi agar peserta didik mengikuti apa yang dilakukan pa tono pertanyaan : a. Coba simpulkan apakah cara pembelajaran pa tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu? uraikan alasannya! b. Apakah ada langkah yang akan diperbaiki dari proses pembelajaran apabila anda akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan pa tono ? tuliskanlah dengan rinci

Daftar Isi

1. Pak tono melaksanakan pembelajaran di kelas 5 dengan tema "peristiwa kehidupan " sub tema "peristiwa kebangsaan masa penjajah" mencakup mata pelajaran bahasa indonesia, ipa, dan ips. Langkah - langkah pembelajaran yang dilakukan pa tono sebagai berikut : (1) mengembangkan bahan ajar dan media berlandaskan pada sub tema "peristiwa kebangsaan masa penjajah". (2) menyampaikan konsep-konsep yang ada pada sub tema tersebut berdasarkan pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran tersebut. (3) agar tujuan pembelajaran tercapai pa tono berupaya menjelaskan materi dari konsep-konsep yang dimuat pada sub tema dengan rinci, (4) cara menjelaskan materi tersebut dikaitkan dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak, (5) pa tono memberi instruksi agar peserta didik mengikuti apa yang dilakukan pa tono pertanyaan : a. Coba simpulkan apakah cara pembelajaran pa tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu? uraikan alasannya! b. Apakah ada langkah yang akan diperbaiki dari proses pembelajaran apabila anda akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan pa tono ? tuliskanlah dengan rinci


Berdasarkan poin-poin yang disampaikan di dalam soal, maka cara pembelajaran yang dilakukan oleh Pa Tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu.

Konsep dasar dari pembelajaran terpadu adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran agar siswa dapat merasakan pengalaman belajar yang bermakna.

Pada soal di atas, di bagian poin (1) Pa Tono sudah melakukan hal dasar untuk memulai pembelajaran, yakni mengembangkan bahan ajar dan media yang sesuai dengan sub tema dan kompetensi.

Kemudian, pada poin (2) Pa Tono menyampaikan konsep-konsep yang tercantum di dalam sub tema dan tiga kompetensi (mata pelajaran) tersebut.

Pembelajaran terpadu mulai terlihat jelas di poin (3) dan (4) di mana Pa Tono menjelaskan konsep materi ketiga mata pelajaran serta mengaitkannya, lalu mengaitkan pula dengan hal-hal di sekitar.

Pada poin (5), dapat dimaknai bahwa instruksi yang diberikan oleh Pa Tono adalah untuk menstimulasi cara berpikir teoritis dan praktis pada peserta didik.

Sebelum itu, Pa Tono sudah memberikan contoh sesuai poin (4), sehingga harapannya peserta didik tidak terlalu merasa kesulitan untuk bisa mengaitkan konsep di dalam 3 mata pelajaran.

Dengan begitu, pembelajaran terpadu yang diikuti oleh peserta didik dapat diukur ketercapaiannya.

Pembahasan:

Indikator merupakan penjabaran dari tujuan pembelajaran. Indikator digunakan sebagai paramater untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Pada pembelajaran abad ke-21, dimana sistem pembelajaran yang digunakan tidak lagi teacher centered namun mengedepankan sistem pembelajaran yang berfokus pada peran siswa di dalamnya.

Dalam pembelajaran abad ke-21, siswa dilatih untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah. Selain itu, siswa diharapkan dapat memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kritis terhadap permasalahan yang ditemukan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi disebut juga dengan Hots. Hots biasanya dikemas dalam bentuk pembelajaran dimana siswa membutuhkan tingkat berpikir yang lebih tinggi dari sebelumnya pada saat menyelesaikan permasalahan yang ia temui. Pada Hots, siswa dilatih dalam menggunakan seluruh keterampilan dan pengetahuannya untuk membangun pemikiran yang kritis. Kemampuan berpikir tingkat tinggi akan melatih siswa menumbuhkan sikap kritis, analisis, dan kemampuan yang baik dalam menguraikan materi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pembelajaran abad ke-21 : brainly.co.id/tugas/16160256

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4


2. Pa Tono melaksanakan pembelajaran di kelas 5 dengan tema “peristiwa kehidupan “ sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah” mencakup mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Langkah - langkah pembelajaran yang dilakukan Pa Tono sebagai berikut : (1) mengembangkan bahan ajar dan media berlandaskan pada sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah”. (2) menyampaikan konsep-konsep yang ada pada sub tema tersebut berdasarkan pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran tersebut. (3) Agar tujuan pembelajaran tercapai Pa Tono berupaya menjelaskan materi dari konsep-konsep yang dimuat pada sub tema dengan rinci, (4) cara menjelaskan materi tersebut dikaitkan dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak, (5) Pa Tono memberi instruksi agar peserta didik mengikuti apa yang dilakukan Pa Tono Pertanyaan : a. Coba simpulkan apakah cara pembelajaran Pa Tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu? Uraikan alasannya! b. Apakah ada langkah yang akan diperbaiki dari proses pembelajaran apabila anda akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan Pa Tono ? Tuliskanlah dengan rinci


a. Dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan Pa Tono, terlihat bahwa ia mencoba untuk menerapkan konsep pembelajaran terpadu dengan cara mengembangkan bahan ajar dan media yang berlandaskan pada sub tema peristiwa kebangsaan masa penjajah, menyampaikan konsep-konsep tersebut berdasarkan pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran (Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS), dan mencoba untuk menjelaskan materi tersebut dengan rinci dan dikaitkan dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak. Namun, saya tidak dapat memberikan konfirmasi pasti bahwa cara pembelajaran Pa Tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu tanpa melihat lebih dekat proses pembelajaran yang sebenarnya dilakukan.

b. Jika saya akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan Pa Tono, maka saya akan mencoba untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan beberapa langkah sebagai berikut:

Melakukan perencanaan pembelajaran secara matang dan terstruktur, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar yang akan dicapai, serta metode dan media pembelajaran yang akan digunakan.

Menyusun bahan ajar yang menarik dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga materi lebih mudah dipahami dan memperkuat pemahaman siswa terhadap materi.

Melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan cara mengajak mereka untuk berdiskusi, memberikan tugas, atau mengajak mereka untuk menyajikan materi yang telah dipelajari.

Memberikan umpan balik yang bermanfaat bagi perkembangan siswa, dengan cara memberikan penjelasan dan bimbingan yang tepat, serta memberikan tugas-tugas yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.

Menyediakan waktu yang cukup untuk membahas materi secara mendalam, serta menyediakan waktu untuk review dan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.

3. Pa Tono melaksanakan pembelajaran di kelas 5 dengan tema “peristiwa kehidupan “ sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah” mencakup mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Langkah - langkah pembelajaran yang dilakukan Pa Tono sebagai berikut : (1) mengembangkan bahan ajar dan media berlandaskan pada sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah”. (2) menyampaikan konsep-konsep yang ada pada sub tema tersebut berdasarkan pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran tersebut. (3) Agar tujuan pembelajaran tercapai Pa Tono berupaya menjelaskan materi dari konsep-konsep yang dimuat pada sub tema dengan rinci, (4) cara menjelaskan materi tersebut dikaitkan dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak, (5) Pa Tono memberi instruksi agar peserta didik mengikuti apa yang dilakukan Pa Tono Pertanyaan : a. Coba simpulkan apakah cara pembelajaran Pa Tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu? Uraikan alasannya! b. Apakah ada langkah yang akan diperbaiki dari proses pembelajaran apabila anda akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan Pa Tono ? Tuliskanlah dengan rinci


Jawaban:

a. Seusuai

b. beberapa langkah yang mungkin bisa dipertimbangkan (di dalam penjelasan)

Penjelasan:

a. Dari penjelasan yang telah diberikan, cara pembelajaran Pa Tono dianggap sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu. Hal ini dapat dilihat dari langkah-langkah yang dilakukan Pa Tono, yaitu:

Mengembangkan bahan ajar dan media berlandaskan pada sub tema "peristiwa kebangsaan masa penjajah". Ini menunjukkan bahwa Pa Tono mempertimbangkan keterkaitan antar mata pelajaran dan mengembangkan bahan ajar yang memperhatikan aspek tersebut.Menyampaikan konsep-konsep yang ada pada sub tema tersebut berdasarkan pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran tersebut. Ini menunjukkan bahwa Pa Tono memahami pentingnya menyampaikan materi dengan menggunakan pendekatan yang memperhatikan keterkaitan antar mata pelajaran.Menjelaskan materi dengan rinci dan mengaitkannya dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak. Ini menunjukkan bahwa Pa Tono memahami pentingnya menyajikan materi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik.Memberi instruksi agar peserta didik mengikuti apa yang dilakukan Pa Tono. Ini menunjukkan bahwa Pa Tono memahami pentingnya memfasilitasi proses belajar peserta didik dengan cara yang efektif

Dengan demikian, cara pembelajaran Pa Tono dianggap sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu karena memperhatikan keterkaitan antar mata pelajaran, menyajikan materi dengan pendekatan yang menarik, dan memfasilitasi proses belajar peserta didik dengan cara yang efektif.

b. beberapa langkah yang mungkin bisa dipertimbangkan apabila akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan Pa Tono:

Memastikan bahwa peserta didik memiliki kemampuan dasar yang cukup untuk memahami materi yang akan diajarkan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan penilaian awal terhadap kemampuan peserta didik dan mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.Menyediakan beragam media dan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Misalnya, menyediakan bahan ajar yang terdiri dari teks, gambar, video, dan lain-lain. Dengan demikian, peserta didik dapat memilih media yang paling sesuai dengan gaya belajarnya.Menyediakan kesempatan bagi peserta didik untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar. Misalnya, dengan mengajak peserta didik untuk menyajikan materi kelompok, membuat proyek, atau mengajukan pertanyaan dan mengemukakan pendapatnya.Menyediakan kesempatan bagi peserta didik untuk mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dalam situasi nyata. Misalnya, dengan melakukan kegiatan eksplorasi atau mengajukan soal-soal yang menuntut peserta didik untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari.Melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar peserta didik secara teratur. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan tes atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan tertulis atau lisan yang menuntut peserta didik untuk menunjukkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari.

4. 39. Tanda tempo moderato berarti lagu harus dinyanyikan ....a. lambatb. cepatc. sedangd. sangat cepatII. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!1. Sebelum mewawancarai suatu tokoh, sebaiknya kita harus menentukan ....2. Bila akan melakukan wawancara, kita harus mencari tokoh yang akan dijadikan sebagai ...3. Narasumber yang tepat untuk diwawancarai mengenai cara mengajar yang baik di kelasadalah ...4. Seseorang melakukan wawancara untuk mendapatkan .... dari narasumber.5. Hasil wawancara dapat kita gunakan sebagai bahan untuk membuat ....6. Kewajiban seseorang yang berkunjung ke kebun binatang adalah7. Mendapat kasih sayang dari orang tua adalah .... setiap anak8. Sikap kita jika ada teman beragama lain yang sedang beribadah adalahPAT KELAS IV TEMA 9​


Jawaban:

39. C. sedang

1. topik dan pertanyaannya

2. narasumber

3. guru

4. informasi

5. laporan hasil wawancara

6. menjaga kebersihan,menjaga

lingkungan sekitar,dan menjaga.

fasilitas yang disediakan.

7. hak

8. menghargainya

# Maaf kalo salah #

semoga membantu


5. 1 Jelaskan minimal 4 karakateristik Teori Belajar Behaviorisme ? 2 Jelaskan mengenai strategi pembelajaran berbasis multi intelegensi? Berikan 1(satu) contoh penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegensi? 3 1. Kasus pembelajaran 2. Bu Anita menugaskan siswanya untuk membaca terlebih dahulu materi tentang Air yang ada pada LKS karena esok hari ia akan mengajarkan tema tentang Air. Untuk memantapkan pemahaman siswa tentang air, bu Anita menyiapkan sebuah materi yang berisi teks bergambar tentang banjir yang terjadi disuatu daerah. Teks bergambar tersebut diperbanyak kemudian dibagi kepada siswa yang sudah dikelompokkan sebagai bahan diskusi. Bu Anita menjelaskan langkah-langkah dalam diskusi untuk menghasilkan sebuah laporan. Adapun 3 pertanyaan yang harus dilaporkan yaitu menentukan factor penyebab banjir, menentukan dampak yang terjadi akibat banjir dan mencari solusi untuk mengatasi banjir sesuai teks bergambar dan juga berdasarkan pengalaman siswa. 3. 4. Pertanyaan : 5. Anda tentunya sudah mengenal teori belajar konstruktifisme. 1. Model belajar konstruktifisme manakah yang diterapkan dalam pembelajaran dikelas bu Anita tersebut, 2. Jelaskan alasannya


Jawaban:

LIHAT GOOGLE SAJA DECKK

HEHEHEHE

MAAF


6. S DARING SISWARANTI0049619904SMAN1 KEMBANG JANGGUThomeBERANDAwidgetsUBAH PASSWORDassignmentSISWAassignmentPEMBELAJARANdonut_largeKELUAR© 2020 SMAN1 KEMBANG JANGGUT.Version: 1.0.5PEMBELAJARAN KELAS DARINGID MATERI PELAJARAN : SBKXI005Hi, RANTI , Selamat Belajar ,Selesaikanlah seluruh materi pembelajaran Anda dengan baik!perm_contact_calendarDETAIL MATERI PEMBELAJARANID Materi : SBKXI005 <--Klik Disin Utk Melihat Rekapan Hasil Belajar dan Mengirim Hasil Belajar Anda !ID Guru : SMAN1KBJ-017Mata Pelajaran : Seni BudayaTema / Materi : Ulangan 1Tujuan Pembelajaran :Kelas : KELAS XISemester : GanjilWaktu : 60 menitStatus : Aktifcloud_downloadI. KEGIATAN PEMBELAJARANfolder_sharedII. MATERI TUGAS / LATIHANfolder_sharedIII. PENILAIAN/EVALUASI1. Nama seniman yang menyebutkan sifat fluensi, fleksibilitas, orisinalitas & redefinisi adalah.........2. Karakterisitik atau ciri khas seorang perupa disebut ..............3. Pangeran DiPonegoro merupakan contoh dari struktur visual tema.............4. Pengadaan dan pengolahan bahan termasuk dalam ............5. Pembubuhan pigmen atau warna di atas permukaan suatu bidang datar disebut..........6. Garis yang kesannya agung, stabil dan tinggi yaitu ......7. Faktor Ideoplastis & Fisioplastis dikemukakan atau pendapat dari...........8. Pada alam terdapat 2 jenis Penerima cahaya yaitu......9, Sifat optis berupa tingkat kepekatan warna disebut.....10. Kemampuan mencetuskan gagasan-gagasan asli disebut......11. Sebutkan garis dapat dibuat dengan ............... (tidak usah dijelaskan)12. Hasil pencampuran warna primer disebut......13. Proporsi, keseimbangan, irama dan kesatuan termasuk dalam......14. Karya seni rupa yang menggambarkan figur yang kita kenal sebagai objek alami disebut.....15. Penemuan sumber inspirasi yaitu berasal dari...................... dan ......................16. Penempatan Interes seni yang menempatkan seni sebagai pencerminan realitas aktual & realitas khayal yaitu........17. Karya seni rupa yang sama sekali tidak menggambarkan bentuk alami jadi tanpa objek disebut...........18. Warna ungu merupakan campuran dari............19. Garis paling luar dari benda yang dilukis disebut...........20. Garis yang kesannya jatuh dan bergerak disebut...........​


Jawaban:

coba kamu baca dulu yaa soalnya aku ada yg ngerti tapi ga yakin dngn jwbnnyaa


7. 1. Menurut medianya, reklame dibagi menjadi 3 yaitu reklame audio, reklame visual dan reklame audioUn adalah poster yang merupakan salah satu reklame ...a. visual.c. audio visual.d. semuanya2. Bahan untuk membuat poster manual harus mempertimbangkan dimana poster tersebut dipasang.Bahan dasar pewarna untuk poster yang dipasang di luar ruangan adalah ...a. cat minyak. b. krayon.c. pasteld. pensil 2B3. Ketentuan isi pesan dalam poster biasanya menggunakan ...a. panjang dan bersambung.c. bahasa yang mudah dipahami.b. bahasa lisan.d. bahasa Indonesia.Contoh reklame yang ada dalam televisi termasuk reklame ...a. visual.c. audio visual.b. audio.d. in door.Bacalah ilustrasi berikut!Dalam rangka membantu dan memberikan pemahaman kesehatan masyarakat, para remaja membuatposter agar masyarakat tertarik untuk mendapatkan penyuluhan kesehatan.5. Kalimat poster yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ...a. Kemarin sehat, hari ini sehat besok sehat.b. Ada penyuluhan kesehatan dan ikuti penyuluhan itu dengan baik.C. Memberi bantuan kesehatan kepada orang lain.d. Sehat itu penting6. Kalimat poster yang menarik untuk anjuran menjaga kebersihan kelas adalah ...a. Bersih kelasku, belajarku tenang. c. jagalah kelas kitab. Bersihkan kelas setiap hari.d. jagalah kebersihan kelas kita.7. Di bawah ini yang bukan termasuk ciri-ciri poster adalah ...a. memakai bahasa yang bersifat ajakan.b. kalimatnya tertata dengan baik dan rapi.C. mengunakan kalimat yang panjangd. memakai gambar yang sesuai tema.​


3. C. Bahasa yang mudah dipahami

5. A. Kemarin sehat, hari ini sehat besok sehat

6. A. Bersih kelasku, belajarku tenang

7. C. Menggunakan kalimat yang panjang


8. Pa Tono melaksanakan pembelajaran di kelas 5 dengan tema “peristiwa kehidupan “ sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah” mencakup mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Langkah - langkah pembelajaran yang dilakukan Pa Tono sebagai berikut : (1) mengembangkan bahan ajar dan media berlandaskan pada sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah”. (2) menyampaikan konsep-konsep yang ada pada sub tema tersebut berdasarkan pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran tersebut. (3) Agar tujuan pembelajaran tercapai Pa Tono berupaya menjelaskan materi dari konsep-konsep yang dimuat pada sub tema dengan rinci, (4) cara menjelaskan materi tersebut dikaitkan dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak, (5) Pa Tono memberi instruksi agar peserta didik mengikuti apa yang dilakukan Pa Tono Pertanyaan : a. Coba simpulkan apakah cara pembelajaran Pa Tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu? Uraikan alasannya! b. Apakah ada langkah yang akan diperbaiki dari proses pembelajaran apabila anda akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan Pa Tono ? Tuliskanlah dengan rinci​


Jawaban:

a. Berdasarkan deskripsi yang diberikan, cara pembelajaran Pa Tono terdengar sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu. Hal ini dapat dilihat dari beberapa langkah yang dilakukan Pa Tono, yaitu:

Mengembangkan bahan ajar dan media yang sesuai dengan sub tema "peristiwa kebangsaan masa penjajah". Ini menunjukkan bahwa Pa Tono sudah mempertimbangkan bahwa pembelajaran harus terpadu dengan mencakup beberapa mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS.Menyampaikan konsep-konsep yang ada pada sub tema tersebut dengan mengacu pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Pa Tono memperhatikan bahwa pembelajaran harus mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik di setiap mata pelajaran.Menjelaskan materi dengan rinci dan mengaitkannya dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak. Ini menunjukkan bahwa Pa Tono memperhatikan bahwa pembelajaran harus mengacu pada kontekstual dan tidak terpisah dari lingkungan sekitar.Memberi instruksi agar peserta didik mengikuti apa yang dilakukan Pa Tono. Hal ini menunjukkan bahwa Pa Tono memperhatikan bahwa pembelajaran harus terjadi secara interaktif dan aktif, sehingga peserta didik dapat terlibat dan memahami materi dengan lebih baik.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa cara pembelajaran Pa Tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu.

b. Ada beberapa langkah yang dapat diperbaiki dari proses pembelajaran apabila saya akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan Pa Tono:

Memasukkan kegiatan-kegiatan yang lebih variatif seperti diskusi kelompok, role play, atau permainan pembelajaran untuk meningkatkan interaksi dan aktivitas peserta didik.Menyediakan sumber-sumber belajar yang beragam, seperti buku teks, video, atau dokumen-dokumen sejarah, untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi secara lebih luas.Melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan mereka kebebasan untuk mengemukakan pendapat dan ide-ide mereka sendiri. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan diskusi kelompok atau presentasi kelompok, yang akan membantu peserta didik untuk memperkuat pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan.Memfasilitasi peserta didik untuk mempraktikkan dan mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari melalui kegiatan-kegiatan yang bermakna, seperti proyek-proyek sekolah atau kegiatan kemanusiaan. Ini akan membantu peserta didik untuk memahami bagaimana pengetahuan tersebut dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.Menyiapkan evaluasi yang bervariasi, seperti tes tertulis, presentasi individu atau kelompok, atau portofolio, untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan. Ini akan membantu Pa Tono untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran dan memberikan umpan balik yang berguna untuk perbaikan pembelajaran di masa yang akan datang.

9. 1. Buatlah patung dari bahan playdough atau tanah liat! Seni Ukin bate con rosu yora diretor2. Ikutlah langkah-langkah yang telah dijelaskan oleh gurumu!3. Kamu dapat meniru bentuk patung pada materi atau berkreasi membuat patung denganbentukyang lain.SkorUji Pembelajaran 51. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling benar!1. Berikut bukan iklim fisis di kawasan Asia Tenggara adalah iklim .... (IPS - KD 3.1)a. lautc. dataran rendahb. gunungd. gugur36Tema: Selamatkan Makhluk Hidup - Semester 1Kelas VI (GP​


Jawaban:

D gugur gak ada maaf kalo salah


10. Bacalah ilustrasi cerita berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5SDN Mentari melaksanakan program penyuluhan dengan tema "Pemimpin yang AdilKegiatan ini menghadirkan narasumber dari pejabat daerah Amanda menyampaikanpidatonya sebagai perwakilan anak kelas VI4Buatlah bagian pembuka pidato Amanda yang sesuai dengan ilustrasi cerita tersebutJawabBuatlah bagian penutup pidato Amanda yang tepat dengan ilustrasi cerita tersebut!JawabKD Bahasa Indonesia Pilihan Ganda UraianNilai33158Bahan Ajar Kelas 6 SD/MI​


Jawaban:

no 4. pembuka

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji dan juga syukur kita panjatkan pada Illahi Robbi yang telah memberi rahmat serta hidayahNya pada kita semua, sehingga kita dapat merasakan nikmatNya yang begitu banyak. Bapa dan ibu serta saudara yang saya hormati. Perkenankan kali ini saya akan membahas tentang harapan kita mengenai pemimpin masa depan

no 5. penutup

Hadirin yang dimuliakan Allah.

Kiranya cukup sekian saja yang bias saya sampaikan. Saya ucapkan banyak terima kasih atas semua perhatian. Jika terdapat banyak tutur kata yang kurang berkenan di hati, maka saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhirul Kalam.

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Penjelasan:

semoga membantu


11. 3 1. Kasus pembelajaran 2. Bu Anita menugaskan siswanya untuk membaca terlebih dahulu materi tentang Air yang ada pada LKS karena esok hari ia akan mengajarkan tema tentang Air. Untuk memantapkan pemahaman siswa tentang air, bu Anita menyiapkan sebuah materi yang berisi teks bergambar tentang banjir yang terjadi disuatu daerah. Teks bergambar tersebut diperbanyak kemudian dibagi kepada siswa yang sudah dikelompokkan sebagai bahan diskusi. Bu Anita menjelaskan langkah-langkah dalam diskusi untuk menghasilkan sebuah laporan. Adapun 3 pertanyaan yang harus dilaporkan yaitu menentukan factor penyebab banjir, menentukan dampak yang terjadi akibat banjir dan mencari solusi untuk mengatasi banjir sesuai teks bergambar dan juga berdasarkan pengalaman siswa. 3. 4. Pertanyaan : 5. Anda tentunya sudah mengenal teori belajar konstruktifisme. 1. Model belajar konstruktifisme manakah yang diterapkan dalam pembelajaran dikelas bu Anita tersebut, 2. Jelaskan alasannya!


Jenis pembelajaran yang dilakukan oleh Bu Anita dalam hal ini adalah investigasi kelompok.

Hal ini terlihat dari metode yang digunakan dalam pembelajaran di mana Bu Anita meminta siswa untuk mempelajari dahulu materi yang akan diajarkan besok. Kemudian Bu Anita memberikan materi berupa gambar sebagai bahan diskusi. Di sini Bu Anita memancing siswa untuk mengamati gambar tersebut secara berkelompok lalu mendiskusikan apa penyebab banjir dan apa solusi dalam mencegahnya.

Pembahasan

Teori Konstruktivisme dalam belajar membuat peserta didik untuk membangun sendiri ilmu pengetahuan dalam dirinya. Hal tersebut dilakukan dengan cara aktif mengamati, mencoba, dan menganalisis materi yang sudah dipelajari. Dengan cara ini maka ilmu bukan lagi sekedar teori baku yang sekedar dihafal, melainkan menjadi bagian dari kehidupan siswa itu sendiri.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang belajar aktif: https://brainly.co.id/tugas/49996513

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1


12. Mata Pelajaran : SENI BUDAYAKelas : IXSoal1. Jelaskan perbedaan antara Seni Lukis, Melukis dan Lukisan !2. Pembelajaran Seni Lukis bukan hanya terkait dengan Gaya/Aliran saja, tetapi juga Tema. Tuliskanlah tema-temadalam Seni Lukis, serta contoh masing-masing Tema !3. Apakah perbedaan antara Aliran Naturalisme dengan Aliran Realisme beserta contohnya dan nama pelukisnya.4. Jelaskanlah teknik-teknik dan bahan yang digunakan dalam melukis !5. Dalam berkarya Seni Lukis tahapan awal yang harus dilakukan adalah memunculkan gagasan. Jelaskan apa-apa sajayang harus dilakukan untuk memunculkan gagasan kreatif dalam berkarya Seni Lukis, serta jelaskan dua tahapandalam menyempurnakan lukisan !​pelajaran seni budaya kls IX


Jawaban:

c

semoga benar

............. ..


13. a.C.a. 1Evaluasi Pembelajaran 2 »Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!Kebebasan untuk menganut agama danmenjalankan ibadah yang sesuai dengan3. Pengakuan terhadap adanya harkat danmartabat manusia merupakan bentukajaran agamanya merupakan cotohpengamalan Pancasila sila ke .... (PPKnpositif dari Pancasila sila ke .... (PPKn KD3.1)KD 3.1)13C. 3b. 2.d. 4b. 2d. 44. Bahan untuk membuat patung yangBentuk sikap positif ketika teman kita minta bersifat lunak, adalah .... (SBDP KD 3.4ijin untuk melaksanakan ibadah, ketikabatubelajar kelompok sedang berlangsung, b. kayuadalah .... (PPKn KD 3.1)semenmeminta untuk menundanya hingga d. tanah liatkegiatan belajar kelompok selesai5. Salah satu sifat tanah liat, yaitu .... (SBCb. memberi kesempatan dan KD 3.4)mempersilakannyaa. rapuhc. melarangnya karena hanya menyita b. lunakwaktutidak lengketd. tidak menghiraukannyad. beraira.C.C.16Kelas 6 - Tema 1 - Selamatkan Makhluk Hidup - IFNmohon bantu ny kak Abang ibuk bapak​


Jawaban:

Soal nya benerin dlu baru dijawab


14. 1. Pak Dani merupakan guru kelas V SD Sukamaju. Beliau memiliki kesulitan dalam mengajarkan topik materi pada Tema 2 “Udara Bersih bagi Kesehatan”. Berdasarkan hal tersebut, Pak Dani berinisiatif untuk menyusun media pembelajaran berupa media grafis sehingga dapat membantu siswa dalam menguasai capaian pembelajaran. Diketahui capaian pembelajaran pada pembelajaran Tematik di kelas V SD. IPA : Melalui pengamatan pada media grafis, siswa dapat menyebutkan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan, minimal 2 buah organ. Bahasa Indonesia : Melalui pengamatan pada media grafis, siswa dapat menyebutkan informasi pada teks cerita anak “Si Kancil dan Buaya”, minimal 2 buah informasi. Buatlah konsep media grafis untuk pembelajaran tematik di atas dengan menggunakan model pengembangan program dan media ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan: a) Analysis b) Design c) Develop d) Implement e) Evaluate 20 2. Diketahui pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VIII pada topik materi “Teks Eksplanasi” memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut. 1. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menjelaskan pengertian teks eksplanasi. 2. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri teks eksplanasi, minimal 3 buah ciri. 3. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menyebutkan struktur teks eksplanasi, minimal 3 buah. 4. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menyebutkan informasi yang diperoleh dari teks eksplanasi, minimal 3 buah informasi. Buatlah sebuah kerangka/outline bahan ajar buku teks berdasarkan informasi di atas yang terdiri dari 3 tahapan: a) Tahap Desain b) Tahap Pengembangan atau Produksi c) Tahap Evaluasi 30 TPEN4205 2 dari 3 3. Pada proses pembelajaran IPA Kelas IX SMP, Bu Nina menggunakan media grafis untuk menjelaskan topik materi “Listrik dan Energi” kepada siswa. Berikut ini media grafis yang digunakan oleh Bu Nina. Sumber : Google Jelaskan bagaimana penerapan prinsip unity pada media grafis di atas berdasarkan aspek: 1) Keterkaitan 2) Kesatuan 10 4. Bu Dinda hendak menggunakan media display dalam bentuk diorama pada pembelajaran tematik di kelas VI SD. Adapun capaian pembelajarannya sebagai berikut. IPS : Melalui pengamatan pada media diorama, siswa dapat menjelaskan peristiwa proklamasi kemerdekaan RI. Bahasa Indonesia : Melalui pengamatan pada media diorama, siswa dapat menyebutkan informasi yang terdapat pada teks tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan RI Buatlah sebuah rancangan media diorama berdasarkan capaian pembelajaran yang disusun oleh Bu Dinda di atas yang terdiri dari 5 tahapan: a) Analisis kebutuhan media diorama b) Desain media diorama c) Pengembangan dan pengadaan medium diorama d) Penggunaan media diorama e) Evaluasi media diorama


Jawaban:

pak Dani menjelaskan sebuah tema 2udara bersih bagi kesehatan


15. 1. Bu Asih adalah seorang guru PAUD. Beliau hendak menyampaikan materi kepada anak didiknya dengan menggunakan media pembelajaran sederhana. Materi yang hendak disampaikan adalah perkembangbiakan kupu-kupu yang jika dilakukan pengamatan sungguhan akan membutuhkan waktu yang terlalu panjang. Kemudian Bu Asih berpikir untuk membuat media agar penyampaian materi lebih konkrit, dapat dijelaskan dalam waktu singkat dan dapat dengan mudah diterima oleh anak didiknya. Di sekitar tempat tinggal Bu Asih banyak terdapat bahan yang dapat digunakan untuk mengembangkan media, namun Bu Asih belum dapat memutuskan akan mengembangkan media seperti apa dan bahan yang digunakan akan menggunakan apa saja. Dari informasi tersebut, bantulah Bu Asih untuk membuat media yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi tentang perkembangbiakan kupu-kupu kepada anak usia dini (AUD) agar siswa AUD nya dapat menjelaskan tentang bagaimana kupu-kupu berkembang biak. Pertanyaan: Bagaimanakah rancangan media pembelajaran yang harus dibuat oleh Bu Asih agar sesuai dengan tujuan pembelajaran (siswa AUDnya dapat menjelaskan tentang bagaimana kupu-kupu berkembang biak), juga diharapkan media pembelajaran tersebut diharapkan dapat membuat penyampaian materi pelajaran jadi lebih konkrit, serta materi pelajaran dapat dijelaskan dalam waktu singkat dan dapat dengan mudah diterima oleh anak didiknya karena media pembelajaran sudah disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Rancangan harus memuat nama media, tujuan, alat dan bahan, langkah pembuatan media pembelajaran, serta foto media pembelajaran! 30 2. Seorang kepala sekolah bermaksud melakukan pengadaan APE untuk kebutuhan lembaganya. Namun karena banyaknya kebutuhan dan banyaknya jenis APE yang tersedia di pasaran membuat Ibu kepala sekolah tersebut harus benar-benar melakukan analisis kebutuhan terhadap pengadaan APE. Kepala sekolah kemudian memutuskan bahwa untuk kebutuhan yang sifatnya primer seperti alat permainan edukatif luar kelas direncanakan untuk membeli, sedangkan APE untuk pembelajaran di dalam kelas yang terkait dengan materi, Ibu kepala sekolah meminta kepada para guru agar berkreasi mengembangkan APE untuk mendukung pembelajaran. Pertanyaan: Jika anda adalah salah seorang guru di lembaga tersebut maka tolong: a. jelaskan dan berikan contoh 5 syarat pembuatan APE, dan b. jelaskan dengan disertai contoh langkah-langkah pengembangan APE yang akan anda kembangkan dengan bahan-bahan yang dekat dengan anak/bahan yang ada di sekitar anak. Untuk itu tuliskan nama APE, tujuan APE itu untuk mengembangkan kompetensi apa saja, alat dan bahan serta langkah-langkah pembuatannya! 20 PAUD4204 2 dari 2 3. Bu Asih mengajar di suatu PAUD di daerah yang memiliki pantai dan laut. Bu Asih bermaksud menyampaikan materi tentang laut kepada peserta didiknya terkait tema lingkunganku. Untuk itu bu Asih berinisiatif untuk mengajak siswa-siswanya untuk bermain dipantai untuk mengenalkan materi lingkunganku, tentunya pembelajaran ini sudah direncanakan dan dilaksanakan sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah disusun. Pertanyaan: Bu Asih merencanakan agar pantai dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar untuk anak usia dini, untuk itu jika anda adalah bu Asih tersebut maka: a. tentukan 4 keunggulan pantai sebagai tempat yang yang dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk anak usia dini disekolahnya b. tentukan 5 tujuan pembelajaran (kompetensi) yang dapat dicapai anak didik bu Asih dan c. tentukan 5 kegiatan belajar yang dapat dilakukan anak didik bu Asih untuk mencapai 5 kompetensi tersebut di pantai wilayah tempat sekolah bu Asih. 30 4. Sebagai seorang guru PAUD, bu Tina seorang pendidik PAUD diberi tugas tambahan di luar jam mengajar oleh kepala sekolah sebagai wakil bidang sarana dan prasarana. Secara berkala kepala sekolah meminta laporan tentang kondisi sumber belajar yang ada di lembaga. Sebagai guru yang bertanggung jawab maka bu Tina selalu rutin melakukan pendataan yang meliputi pendataan dan pemeriksaan terhadap inventaris yang dimiliki lembaga. Pertanyaan: Agar bu Tina dapat melakukan pendataan media/sumber belajar di lembaganya, maka buatlah 2 tabel pendataan. a. Tabel pertama untuk mendata intensitas pemanfaatan sumber belajar (dari yang sering digunakan sampai yang jarang digunakan), b. Tabel kedua untuk mendata kondisi sumber belajar di sekolahnya dan untuk mengetahui jumlah media dan kondisinya..


Jawaban:

b

Penjelasan:

jelaskan apa yang membedakan persamaan akuntansi syariah dengan akuntansi konvensional


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Bahan Ajar Kelas 5 Tema 1"